Ganjar Dicurigai Sebagai Gubernur Yang Tidak Menyambut Puan, Momen Ini Jadi Dasarnya

oleh -221 views

Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku ada gubernur yang tidak menyambutnya saat berkunjung ke daerah. Siapa gubernur yang tidak menyambut wanita itu?

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno memberikan analisis terhadap sosok yang dimaksud Puan. Ia menduga sindiran itu ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo .

Masyarakat menduga pernyataan Puan ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) karena pada peresmian pasar di Solo, ganjar pergi ke Jakarta untuk bertemu Presiden dalam pertemuan tentang COVID. Karena belum ada kejadian di tempat lain ibu datang, kepala daerah tidak terima kecuali di Jawa Tengah, ujar Adi, Sabtu (12/2/2022).

Adi menilai tidak mungkin Puan menyindir gubernur lain dari PDIP selain Ganjar. Ia beralasan, hal ini juga berangkat dari sejumlah polemik yang sempat terjadi antara Puan dan Ganjar.

Masyarakat menilai Ganjar adalah gubernur yang dimaksud. Gubernur atau wakil gubernur lain dari PDIP belum pernah diekspos ke publik. Beda cerita dengan Ganjar, polemik internalnya berulang kali. Serba salah jadi Ganjar. Dulu rapat konsolidasi di Jateng nggak diundang. Peresmian pasar di Solo diundang mendadak dan bentrok dengan jadwal ketemu Presiden, jelasnya.

Adi menilai pernyataan ini justru berdampak buruk bagi Puan. Ucapan tersebut, menurutnya membuat publik kehilangan respect terhadap Puan.

Itu sangat blunder bagi Puan. Pilihan kata, intonasi, dan gesture saat nyinggung gubernur yang tak nyambut dirinya bikin publik tak respek. Zaman makin terbuka dan modern. Sikap elitis dan feodalisme di partai mestinya mulai ditinggalkan. Untuk konsumsi internal mungkin bagus, tapi kalau diumbar ke publik pernyataan semacam itu bisa jadi petaka politik, ujarnya.

Founder Cyrus Network, Hasan Nasbi, juga membuat analisis soal siapa sosok gubernur yang dimaksud Puan. Dia menduga kuat Puan menyindir kader PDIP yang saat ini menjabat sebagai gubernur.

Yang bisa saya duga mungkin gubernur di PDIP kali yah, kata Hasan kepada wartawan, Sabtu (12/2/2022).

Hasan menduga hal itu karena Puan merupakan bos PDIP. Selain itu, menurutnya Puan jelas menyindir kader PDIP karena ucapan itu disampaikan di acara PDIP.

Karena bos partai datang, tapi kadernya di daerah tidak menyambut dan karena disampaikan di forum kader, jelasnya.

Dia menilai Puan tidak mungkin menyampaikan ketidakpuasannya kepada kader partai lain. Menurutnya, protes yang disampaikan Puan pasti ditujukan kepada gubernur yang memiliki hubugan hierarki.

Karena perasaan kurang happy karena nggak disambut itu saya rasa hanya bisa ditujukan kepada kader PDIP, karena di partai hubungan mereka hierarki. Tidak bisa kepada gubernur dari partai lain, ujarnya.

FX Rudy Bantah Ganjar Tak Sambut Puan

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menebak sosok gubernur yang bikin Puan kesal. Rudy meyakini gubernur yang tak mau menyambut Puan bukahlah Ganjar Pranowo. Rudy juga menjelaskan alasan hingga meyakini gubernur dimaksud bukanlah Ganjar.

Kalau bicara protokoler, sambut menyambut itu ada protokolernya. Jadi, kalau Ketua DPR RI kunker, pejabat eksekutif tidak terlibat di situ, kata Rudy saat dihubungi detikJateng, Kamis (10/2/2022).

Karena kan antara eksekutif dan legislatif itu sendiri-sendiri. Jadi tidak mengarah ke Pak Ganjar. Kalau Pak Ganjar suruh menjemput ya menjemput, imbuhnya.

Artikel ini telah terbit di https://news.detik.com/berita/d-5939178/ganjar-diyakini-gubernur-yang-tak-sambut-puan-momen-ini-jadi-dasarnya?single=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *