Pengamat Sebut Jokowi Beri Kode Dukung Ganjar Maju Ke Pilpres 2024

oleh -225 views

GenBerita – Direktur Eksekutif Charta Politica Indonesia Yunarto Wijaya, menyampaikan analisisnya atas sambutan Presiden Joko Widodo pada Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Saat itu Jokowi mengatakan mungkin yang kita dukung ada di sini. Pernyataan tersebut terkait dengan pemilu 2024.

Yunarto meyakini kata-kata itu ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebab, hanya Ganjar yang masuk radar survei teratas capres 2024 dan hadir dalam rakernas.

Saya lebih melihat ini sebagai awal dari bahasa simbolik yang kuat itu, misalkan ini arah support ke Pak Ganjar. Saya tidak tahu apakah pilihan Magelang adalah simbol, masih belum bisa menjelaskan, ujar Yunarto kepada wartawan, Sabtu (21/5).

Yunarto menjelaskan, ganjar memiliki popularitas dan peringkat elektabilitas tertinggi di antara tokoh-tokoh yang disebutkan dalam lembaga survei yang kredibel. Ganjar disebut-sebut layak jadi penerus Jokowi.

Ganjar sudah memiliki rating tertinggi dan ketika ditanya soal brand association Ganjar memang dianggap paling kuat untuk menjadi penerus Jokowi dibandingkan nama lain, jelasnya.

Menurut Yunarto, figur yang didukung Jokowi akan memiliki keuntungan secara pemilih dan kekuatan partai, apabila Jokowi sampai akhir masa jabatanya memiliki lapor yang bagus di mata masyarakat.

Selain itu, jokowi harus tepat dan cepat memgumumkan figur yang didukungnya. Serta, jokowi harus menggaet dukungan kepada partai koalisnya agar calon yang diusungnya kelak dapat mendapatkan dukungan dari partai-partai pendukungnya tersebut. Kemungkinan besar kalau seperti itu, siapapun yang didukung oleh Jokowi punya kemungkinan besar juga untuk menang, tegasnya.

Selain itu, jokowi dalam pidatonya menyampaikan kepada relawan untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Menurut Yunarto, hal itu bisa bermakna Jokowi ingin stabilitas politiknya tidak terganggu. Diartikan dua hal ya, presiden tidak ingin stabilitas politiknya terganggu. Kedua, kalau jagoan kita (Projo) akan maju, ikuti cara saya dan jangan tergesa-gesa, pungkasnya.

Sebelumnya, jokowi dalam rakernas Projo menyinggung soal dukungannya di Pilpres 2024 kepada figur yang hadir di rakernas. Makanya, untuk urusan politik, ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, kata Jokowi. (*).

Artikel ini telah terbit di https://www.jawapos.com/nasional/politik/21/05/2022/pengamat-sebut-jokowi-beri-kode-dukung-ganjar-maju-pilpres-2024/?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *