Jokowi: Siapapun Pemimpinnya, Tapi Program Harus Dilanjutkan

oleh -791 views

GenBerita – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan tanggapannya terkait teriakan lanjutkan pada perayaan HUT ke-50 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI. Jokowi menangkap maksud teriakan terus, tidak mengacu pada wacana Presiden ke-3 periode.

Jokowi mengatakan, siapa pun yang akan memimpin di 2024, yang penting bisa melanjutkan program yang sudah digagas. Ini diperlukan agar Indonesia bisa lebih maju.

Tapi, saya menangkap bahwa yang dimaksud dengan lanjutan adalah programnya, pemimpinnya. Siapapun terserah. Tapi, yang dilanjutkan adalah program-programnya agar ada kesinambungan, supaya ada keberlanjutan, kata Jokowi, Jumat 10 Juni 2022.

Menurut dia, keberlanjutan program yang digagas oleh pemimpin sebelumnya sangat dibutuhkan. Sebab, jika pemimpin baru tidak melanjutkan program yang ada, maka indonesia akan sulit untuk maju.

Jangan biarkan pemimpin pertama selesai, tidak dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya. Ini yang bahaya. Selalu kalau seperti itu, mulai dari TK terus. Sudah ke SMP, udah SMA, ganti pemimpin mulai lagi dari TK lagi. Kapan kita akan sampai ke kelulusan universitas?, ujar Jokowi.

Kemudian, jokowi menjelaskan apa yang menjadi masalah bagi Indonesia dan negara lain saat ini. Kata dia, dalam tiga tahun terakhir, banyak peristiwa telah terjadi yang menjadi masalah dunia.

Dia bilang persoalan itu mulai dari pandemi COVID-19 hingga Perang Rusia vs Ukraina yang mengakibatkan ketidakpastian global.

Problemnya sekarang ini bukan problem yang enteng. Semua negara mengalami hal yang sama. Ketidakpastian. Jangan sampai juga karena kita nanti ada perhelatan Pemilu dan Pilkada ketidakpastian itu tambah lagi, kata Jokowi.

Artikel ini telah terbit di https://www.viva.co.id/berita/politik/1483976-jokowi-pemimpinnya-siapapun-terserah-tapi-program-harus-dilanjutkan?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *