Tony Blair Siap Membantu Mempromosikan Perkembangan IKN Nusantara

oleh -250 views

GenBerita – Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair bersedia membantu membangun Ibukota Negara Nusantara, Kalimantan Timur, yaitu mensosialisasikan potensi IKN kepada dunia. Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono pada Rabu (1/6).

Dalam pertemuan tersebut, bambang menjelaskan tentang One Map, One Plan, one Policy (1MPP) sebagai bentuk perencanaan IKN terpadu yang merupakan konsolidasi dari seluruh perencanaan kegiatan kementerian/lembaga terkait IKN. Juga secara intensif terus melakukan kegiatan 4K, yakni komunikasi, koordinasi, konsolidasi, dan kerjasama dalam pelaksanaan kewenangan OIKN untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan ibu kota baru Indonesia.

Perencanaan dan pelaksanaan pengembangan IKN tetap mengedepankan prinsip ESG (lingkungan), social, dan pemerintahan) sebagai kota global yang cerdas, sustainable, inclusive, dan resilient, kata dia secara tertulis, Kamis (2/6).

Adapun, tony Blair mengapresiasi pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki reputasi baik di dunia internasional. Perkembangan IKN juga berada pada momentum yang tepat.

Menurutnya, pengembangan IKN merupakan langkah strategis bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Asia. Bahkan, disampaikan juga bahwa kalangan internasional ingin berpartisipasi dalam sektor pendidikan, kesehatan, dan industri di IKN nanti.

Dengan strategi komunikasi yang baik, program (pembangunan IKN) ini akan menjadi program yang menarik bagi investor, jelas Blair.

Pada kesempatan itu, kepala OIKN Bambang Susantono juga mengundang Tony Blair untuk berkunjung ke lokasi IKN. Kami mengundang beliau (Tony Blair) untuk melakukan kunjungan kerja lapangan ke IKN pada September mendatang. Beliau menyambut baik undangan tersebut dan akan mengatur jadwal untuk itu, kata dia.

Saat ini, pihaknya sedang mengembangkan masterplan Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Ini sekaligus menciptakan model baru pengelolaan kota masa depan yang terhubung secara digital yang layak secara ekonomi, diinginkan secara sosial dan berkelanjutan secara lingkungan, jelasnya.

Untuk diketahui, tony Blair dengan lembaga Tony Blair Institute (TBI) for Global Change terus aktif dalam melaksanakan kajian serta memberikan perhatian khusus tentang Indonesia. Blair juga merupakan pihak yang dipercaya dan memiliki hubungan baik dengan para investor.

Adapun, otorita Ibu Kota Nusantara adalah penyebutan untuk Pemerintah Daerah Khusus IKN Nusantara yang merupakan pelaksana kegiatan persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN, serta penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus IKN.

Artikel ini telah terbit di https://www.jawapos.com/ekonomi/03/06/2022/tony-blair-siap-bantu-promosikan-pembangunan-ikn-nusantara/?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *