Virus Cacar Monyet Diduga Telah Menyebar Secara Diam-Diam Selama Bertahun-Tahun

oleh -602 views

GenBerita – Sejumlah pakar dunia menduga virus monkeypox, yang kini telah didiagnosis pada ratusan orang di 26 negara, mungkin telah beredar diam-diam selama bertahun-tahun. Para ahli penyakit menular dan ilmuwan di laboratorium genetika sedang mencari petunjuk untuk menjelaskan mengapa virus yang ditemukan di Afrika Barat itu tiba-tiba menyebar.

Mungkin ada penularan yang tidak terdeteksi untuk sementara waktu,kata pemimpin teknis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk cacar monyet dr. Rosamund Lewis, seperti dilansir NBC News, Minggu (5/6).

Kami tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan. Kami tidak tahu apakah ini berminggu-minggu, berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun, katanya.

Di Universitas Leuven di Belgia, profesor virologi Marc Van Ranst mengatakan kepada NBC News bahwa dia juga mengurutkannya secara genetik. Pertanyaannya sudah berapa lama virus ini beredar?, di bawah radar. Saya pikir tidak ada yang percaya ini melompat keluar dari Afrika beberapa minggu yang lalu, kata Van Ranst.

Ilmuwan Universitas Edinburgh baru-baru ini mengurutkan sampel dari wabah dan memposting temuan mereka pada 30 Mei. Sampel yang mereka selidiki berasal dari versi cacar monyet yang diidentifikasi di Singapura, Israel, Nigeria, dan Inggris antara 2017 dan 2019.

Di Afrika, sebagian besar kasus cacar monyet pada manusia secara historis terjadi melalui paparan hewan yang terinfeksi seperti hewan pengerat dan bukan melalui penularan dari orang ke orang. Bahkan sebagian menular pada mereka yang menyukai sesama jenis.

Seorang profesor di London School of Hygiene and Tropical Medicine yang sebelumnya memimpin Program WHO tentang Emerging and Other Communicable Penyakit, dr. David Heymann mendukung teori bahwa penyakit ini mungkin telah ada di beberapa populasi selama beberapa tahun di luar 11 negara Afrika Tengah dan Barat. Kasus mungkin beredar diam-diam di antara orang-orang di luar komunitas gay.

Gejala cacar monyet

Infeksi ini dapat menyebabkan luka yang menyakitkan di seluruh tubuh yang meninggalkan bekas luka yang bertahan lama, biasanya berjalan dengan sendirinya pada seseorang dalam waktu sekitar tiga pekan. Sebagian besar kasus yang teridentifikasi di Eropa dan wabah AS adalah ringan dan terjadi di antara gay, biseksual, dan pria lain yang berhubungan seks dengan pria.

Artikel ini telah terbit di https://www.jawapos.com/kesehatan/05/06/2022/virus-cacar-monyet-diduga-sudah-menyebar-diam-diam-bertahun-tahun/?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *